Workshop Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kalurahan

Rabu 19 Januari 2022, Dalam rangka mengimplementasikan UU No. 14 Tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik bagi seluruh masyarakat Indonesia, Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kabupaten Sleman bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (PMK) Kabupaten Sleman bekerjasama dengan Komisi Informasi Daerah (KID) D.I Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan “Workshop Pejabat Pengelola Infomasi dan Dokumentasi (PPID) Kalurahan”. Agenda workshop dibuka dengan sambutan dari Kepala Dinas KOMINFO Kabupaten Sleman Bapak Eka Suryo Prihantoro dan Kepala Dinas PMK Kabupaten Sleman Bapak Samsul Bakri.

Sedangkan materi workshop diisi oleh Ibu Sri Surani sebagai perwakilan dari KID D.I Yogyakarta. Dalam pemaparannya, Ibu Sri Surani menjelaskan secara singkat terkait pengertian PPID dan Informasi Publik. Beliau juga menegaskan bahwa Kalurahan sebagai salah satu instansi penyelenggara Negara yang menggunakan anggaran Negara wajib melaksanakan Keterbukaan Informasi kepada masyarakat sesuai dengan amanat UU No. 14 tahun 2008.

Dengan adanya Keterbukaan Informasi Publik di tingkat Kalurahan diharap mampu mendorong peran serta masyarakat dalam mendukung pelaksanaan program pembangunan Kalurahan. Selain itu dengan adanya keterbukaan informasi akan menghilangkan prasangka buruk/negatif terhadap pelaksanaan pemerintahan Kalurahan. Keterbukaan Informasi Publik juga dapat mencegah terjadinya korupsi dan penyelahgunaan informasi yang dapat merugikan masyarakat Kalurahan.

Di Kapanewon Gamping sendiri, dari 5 Kalurahan yang ada, hanya tinggal 2 Kaluruahan yang belum membentuk PPID yaitu Kalurahan Nogotirto dan Kalurahan Balecatur. Sedangkan 3 kalurahan lain yaitu Trihanggo, Banyuraden dan Ambarketawang sudang membentuk PPID. Bahkan di tahun 2021, Kalurahan Ambarketawang mendapat Peanugerahan Keterbukaan Informasi Publik Kalurahan di tingkat D.I Yogyakarta.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*