GAMPING GEGAYENGAN TAHUN 2017

GAMPING GEGAYENGAN TAHUN 2017

Kecamatan Gamping memiliki posisi strategis dalam menyangga pertumbuhan Kota Yogyakarta baik secara ekonomi, politik dan budaya. pada waktu pembangunan Kraton Yogyakarta (1755-1756) Sri Sultan Hamengkubuwono I ( Pangeran Mangkubumi) mengawasi pembangunan Kraton dengan bertahta sementara di Pesanggrahan Ambarketawang yang terletak di Kecamatan Gamping. Sejak dahulu pula kehidupan seni dan budaya di Kecamatan Gamping tumbuh dan berkembang. Tentu saja dalam perjalanan waktu ada banyak tantangan dam hambatan yang manghadang perkembangan seni dan budaya di wilayah Kecamatan Gamping.

Seni dan Budaya yang mempunyai nilai luhur tersebut sangat disayangkan jika suatu saat nanti hilang ataupun diakui oleh bangsa lain apabila tidak terjaga. oleh karena itu diperlukan usaha membangun kesadaran masyarakat dan kepedulian terhadap kepemilikan atas seni dan budaya. Kepedulian tersebut yang menjadi faktor utama dalam menjaga dan melestarikan seni dan Kebudayaan.

Untuk menjaga dan melestarikan budaya bangsa tersebut, Pemerintah Kecamatan Gamping bersama dengan semua pemangku kepentingan atas seni dan Budaya di Kecamatan Gamping menyelenggarakan sebuah Acara Gelar Budaya yang bertajuk ‘GAMPING GEGAYENGAN’ Kata Gegayengan berasal dari kata Bahasa Jawa ‘ GAYENG‘ yang berarti kemeriahan dan kegembiraan. acara ini dimaksudkan sebagai salah satu upaya untuk menjaga eksistensi seni dan budaya daerah yang memberikan kegembiraan baik bagi pelaku seni maupun bagi masyarakat. Kegiatan ini juga tidak hanya berkaitan dengan kegiatan seni, akan tetapi ada pengembangan ekonomi, pendidikan dan nilai-nilai religiusitas. Kegiatan ini juga mengusahakan partisipasi masyarakat yg seluas luasnya dengan merancang kegiatan yang memiliki cakupan yang luas pada peserta, wilayah kegiatan dan maupun usia. Partisipasi tersebut memiliki makna penting dalam usaha membangun kesadaran dan kepedulian atas arti pentingnya pelestarian seni dan budaya. Tentu saja dengan tidak meninggalkan filosofi ‘HAMEMAYU HAYUNING BAWANA‘ yang merupakan cita-cita luhur untuk menyempurnakan tata nilai kehidupan masyarakat dan memperindah keindahan dunia yang perlu dilestarikan dan dikembangkan.

Sambutan Sekretaris Kecamatan Gamping dalam pembukaan Ketoprak dalam kegiatan Gamping Gegayengan Tahun 2017

Penampilan Peserta Ketoprak dari Desa Balecatur

 

 

 

Senam massal Gamping Gegayengan pada hari minggu tanggal 21 Mei 2017

 

 

Salah satu peserta Senam dan jalan santai yang mendapatkan 1 buah sepeda motor Honda

AMM BALECATUR CUP#1 2017 Sarana Dakwah Kreatif Anak Muda

 

AMM CUP#1 2017 merupakan event olahraga yang diselenggarakan oleh Pemuda Muhammadiyah dan Nasyiatul ‘Aisyiyah Balecatur 30 April – 1 Mei 2017. Event yang banyak digemari oleh anak-anak muda ini merupakan puncak rangkaian acara untuk pembekalan kader bagi Angkatan Muda Muhammadiyah cialisfrance24.com Balecatur, yang sebelumnya sejak akhir tahun lalu sudah diawali dengan beberapa rangkaian kegiatan antara lain outbound, pelatihan kader untuk pembekalan mental ideologi, rafting, kajian dan diakhiri dengan AMM CUP#1 dengan puncak pengajian akbar yang sengaja di lakukan di bulan Mei karena bertepatan dengan bulan Milad Pemuda Muhammadiyah dan Nasyiatul ‘Aisyiah sekaligus menyambut Ramadhan.

“Kader-kader muda masjid kita harus kuat mental, fisik dan pikirannya, agar mereka mampu menjadi gerenasi bangsa yang hebat”, ujar Rendy selaku koordinator acara. Atas dasar semangat tersebut, maka ajang turnamen futsal ini bisa terselenggara, “Dakwah kreatif harus terus dilakukan untuk mewujudkan SDM pemuda yang unggul dan berkemajuan, sesuai amanat persyarikatan”, kata Iwan selaku koordinator lomba dalam acara ini.

 

Antusiasme peserta begitu luar biasa, tidak hanya pemain, namun para pendukung juga banyak yang hadir. Event ini menyasar dua segment peserta yaitu anggota AMM Balecatur dari Pemuda Masjid dan Mushola se-Balecatur dengan hasil kejuaraan, Juara 1 Pemuda Masjid Al Iman Ngaran, Juara 2 Pemuda Masjid Al Muttaqin Sembung, Juara 3 Pemuda Masjid Al Hidayah Sumber. Sedangkan untuk segment kedua dari antar Ranting Pemuda Muhammadiyah se-Gamping dengan hasil Juara 1 dari Pemuda Muhammadiyah Balecatur dan Juara 2 dari Pemuda Muhammadiyah Nogotirto.

Acara seperti ini diharapkan terus bisa berkembang dan digalakkan di wilayah kecamatan Gamping sebagai sarana ajang ekspresi diri kaum muda dalam hal-hal yang positif. (ARA)